Rabu, 13 Juni 2012

Syukuran Wisuda (S3) dan HUT Ke 55 Pdt David Sibuea MTh. D.Min Dibalut Lagu “Holong”

Ir Bernhard Panjaitan saat melantunkan lagu “Holong” diapit Pdt David Farel Sibuea MTh DMin dan Inang Praeses. Foto-foto ROSENMAN MANIHURUK (0812 7477587)

Jambi, BATAKPOS

Syukuran kebaktian Wisuda S3 Doktor Ministri (D.Min) STT Jakarta dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 55 Pdt David Farel Sibuea MTh, D.Min di Sopo Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi, Senin (11/6) malam berjalan sederhana dan bermakna. Syukuran Wisuda dan HUT Praeses HKBP Distrik XXV Jambi itu dibalut lagu “Holong” Ciptaan Ir Bernhard Panjaitan MM.

Acara diawali dengan kebaktian yang kotbahnya dibawakan Pdt B Siagian MTh dengan Nats Mazmur 135 : 1-3. Votum dibawakan Guru Huria HKBP Kotabaru Jambi. Pada kebaktian itu juga tampil pujian dari Vokal Group Serapim PGI Wilayah Riau, Koor Ama Lansia HKBP Jambi, Koor Ina Jubileta HKBP Jambi.

Sekitar 300 orang hadir pada acara itu yang terdiri dari Ina Naomi, Ama Lansia, Full Timer se Distrik XXV Jambi dan undangan Jemaat HKBP Jambi dan undangan lainnya.

Pdt David Farel Sibuea MTh, D.Min Sabtu 9 Juni 2012 Diwisuda S3 (Doktor Ministri) di STT Jakarta. Kemudian Jumat 8 Juni 2012, Pdt David Farel Sibuea MTh genap berusia 55 tahun. Dalam pelayanan Kependetaan, Pdt David Farel Sibuea MTh sudah memasuki pelayanan selama 28 tahun.

“Sebagai hamba Tuhan (pendeta), lakukanlah yang terbaik dengan ketulusan, kerendahan hati, rajin, rafih, bersih dan jujur. Jangan menyimpan akar kepahitan yaitu iri, kebencian, sakit hati terhadap siapapun yang menyakiti hati kita. Mendoakan dan mengampuni orang yang menyakiti hati, yang menjelek-jelekkan dan yang berprasangka buruk kepada kita. Lakukanlah yang baik tanpa pamrih kepada semua orang tanpa membeda-bedakan, baik kepada mereka yang tidak berbuat baik kepada kita, hingga mereka tahu bahwa kita tidak seperti mereka. Ingatlah, Tuhan akan membuat indah pada waktunya (Pengkotbah 3:11),” demikian Motto dalam pelayanan Pdt David Farel Sibuea MTh selama 28 tahun.

Motto pelayanan itu juga tertulis rapih di Buku “Panggilan Untuk Melayani 25 tahun Kependetaan” yang ditulis Pdt David Farel Sibuea MTh yang kini menjabat sebagai Praeses HKBP Distrik XXV Jambi dan Ketua PGIW Jambi. Buku ini merupakan buku ke 3 (tiga) tulisan Pdt David F Sibuea yang peluncurannya dilaksanakan Sabtu 12 Juni 2009 lalu di Gereja HKBP Kotabaru Jambi.

“Mauliate ma di Tuhanta Pardenggan basa i na mangaramoti ngolungku sahat au marumur 55 tahun (8 Juni 2012) naung salpu. Di tanganNa siamun do ganjang ni umur, jalan di hambirangNa do hamoraon dohot hamuliaon. DalanNa do angka dalan hasudungan ni roha, jala sude lapangNa hademahon (Poda 3: 16-17). Onpe, na mangan manang na minum hami, manang dia pe huulahon hami : Bahenonnami ma saluhutna i, pasangaphon Debata ( 1Korint 10:31),”ujar  Pdt David Farel Sibuea MTh, D.Min pada votum ibadah.

“Jadi songgop ma tu ibana Tondi ni Jahowa, Tondi ni habisihon dohot hapistaron, Tondi ni panuturion dohot hagogoon, Tondi ni parbinotoon dohot biar maradophon Jahowa (Jes 11 : 2). Tutu ma antong hataNa na mandok: Ahu do Jahowa, jala ndang adong silehon tua dungkon ni Ahu (Jes 43:11),”ujar Inang Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Yenny Adelina br Hutagaol B.Ac.

Tiga Buku Pelayanan

Selama 28 tahun melayani sebagai pendeta, Pdt David Farel Sibuea MTh D Min sudah menulis tiga buku. Buku pertama berjudul “Citra dan Misi Penggembalaan” dengan Sub Judul Suatu Keteladanan Bagi Pelayan dan Warga Gereja. Buku ini dicetak Juni 2004 saat Pdt David Farel Sibuea MTh menjabat Pendeta HKBP Ressort Kebayoran Jakarta.

Isi buku pertama ini mengisahkan belajar dari Petrus dalam surat-suratnya dan surat Pastoral Paulus kepada Titus. Buku ini terdiri dari 173 halaman. Kemudian buku ke dua berjudul “Renungan Syukur Kepada Tuhan”. Isi buku tersebut diambil dari Injil Matius 1-28.

Kemudian buku “Renungan Syukur Kepada Tuhan” ditulis Pdt David Farel Sibuea MTh saat menjabat Pendeta HKBP Ressort Tebet Jakarta tahun 2007. Buku ini juga bisa sebagai referensi Kotbah dari Injil Matius yang ditulis singkat, padat dan menyentuh jiwa dengan 122 renungan singkat.

“Prinsip dasar tetap sesama pelayanan yang juga kata kunci adalah Komunikasi-Informasi-Koordinasi (KIK). KIK ini untuk dengan sesame, atasan sesame pelayan dan bawahan dalam pelayanan sesuai dengan talenta dan kemampuan masing-masing. Ini adalah kata kunci,”kata Pdt David Farel Sibuea MTh.

Filosopi Lagu Holong

Usai ibadah, dilanjutkan dengan makan malam bersama sembari mendengarkan alunan lagu nostalgia Batak dan Indonesia dari Trio Altova Jambi (Alex Zebuoa, Tono Butar-Butar, Fauzan Samosir H) asuhan Ir Bernhard Panjaitan MM ini tampil memukau dan memberikan kesan tersendiri kepada undangan.

Lagu “Holong” yang berfilosofi pada Dalihan Na Tolu itu dipopulerkan Artis “Holong” ( Trio Ambisi, Viktor Hutabarat, Herti Sitorus, Rita Butar-butar). Lagu tersebut sebagai hadiah special buat Pdt David Farel Sibuea MTh, D.Min dan Inang yang telah melayani di Distrik XXV Jambi selama 4 tahun.

Lagu ”Holong” yang diciptakan Ir Bernhard Panjaitan MM menjadi hadiah spesial buat Pdt David Farel Sibuea MTh beserta Inang  pada pesta syukuran Wisuda dan HUT ke 55 Pdt David Farel Sibuea MTh D Min.

Pesta syukuran Wisuda dan HUT 55 Pdt David Farel Sibuea MTh D Min di Sopo Godang HKBP Kotabaru Jambi, Senin (1/6) berjalan sederhana dan bermakna. Usai jamuan makan, Ir Bernhard Panjaitan MM bersama Trio Altova membawakan Lagu ”Holong” yang mengisahkan kasih terhadap sesama tersebut.

Lagu Holong yang dipopulerkan Artis Holong (Trio Ambisi, Viktor Hutabarat, Rita Butar-butar) itu merupakan lagu renungan juga buat Pdt David Farel MTh. Lagu tersebut diminta khusus untuk dinyanyikan penciptanya saat pesta syukuran tersebut.

Lagu ”Holong” yang menginpirasikan dan petuah itu agar saling peduli sesama, saling tolong menolong dalam menjalani kehidupan.

Menurut Ir Bernhard Panjaitan MM (Kadis Perhubungan Provinsi Jambi) lagu “Holong” ciptaannya terinpirasi dari ayat Alkitab 1 Petrus 2 : 17 dan Kolose 3 : 14-15.

Kata Bernhard Panjaitan, Adat “Dalihan Na Tolu” harus terwujud dalam berkeluarga. Ketiganya harus saling beriringan agar kehidupan keluarga atau kumpulan marga saling tolong menolong dan saling mengasihi.

Motto 3M yakni Marsijalangan (berjabat tangan), Menjalankan kasis dan Melestarikan Adat Batak “Dalihan Na Tolu”, merupakan motto yang harus diturunkan kepada generasi muda untuk memupuk generasi muda Batak cinta terhadap budaya, adat dan bahasa Batak.

Menurut Bernhard Panjaitan yang pernah dipercayakan sebagai Ketua Umum Panitia Paskah Raya HKBP Distrik XXV, April 2007 dan Ketua Pra Jubileum 150 Tahun tingkat Distrik XXV Jambi April 2007 lalu itu, Pemimpin HKBP kedepan, diharapkan Pemimpin Gereja yang mau dan mampu mempersatukan seluruh Jemaatnya.

Kemudian Pemimpin HKBP juga diharapkan membawa HKBP selaku Lembaga Gereja terbesar di Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan Bangsa yang tetap berlandaskan lima pilar Kebangsaan.

Menurut Pdt David Farel Sibuea MTh, lagu ”Holong” tersebut membawa makna dalam menjalin hubungan kerukunan dalam bermasyarakat. Petuah yang disampaikan Lagu ”Holong” cukup tepat kepada masyarakat Batak, khususnya yang sukses di perantauan.

Secara khusus Pdt David Farel Sibuea MTh juga menyatakan rasa terimakasih atas dukungan semua pihak hingga suksesnya acara tersebut. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Kel Ir Bernhard Panjaitan, Robert Butarbutar, Ir Dopang Tambunan dan yang keluarga lainnya.

Pdt David Farel Sibuea MTh, D.Min beserta Inang juga mengucapkan salam perpisahan kepada Jemaat HKBP se Distrik XXV Jambi karena pada bulan September 2012 sudah pindah tugas usai menghadiri Sinode Godang HKBP.

Dirinya juga menitiberatkan akan memanfaatkan waktu dan berkat dalam pelayanan dan juga untuk pendidikan. “Selama pelayanan di HKBP Distrik XXV Jambi banyak kenangan suka duka dalam pelayanan. Semoga jemaat HKBP semakin menjalin hubungan silaturahmi agar pelayanan dapat berjalan dengan baik,”katanya. ROSENMAN MANIHURUK. (Berita ini sudah naik di HU BATAKPOS Edisi Cetak Rabu 13 Juni 2012, Satu Halaman Warna)


Pdt B Siagian MTh saat menyampaikan Renungan (Kotbah).
 Benner Wisuda Pdt David Farel Sibuea MTh DMin
 Guru Huria HKBP Kotabaru Jambi
 Pdt David F Sibuea bersama Inang di depan Kue HUT ke 55.
 (Kiri ke kanan) Pdt B Siagian MTh-Pdt MT Hutagalung STh-Inang Praeses- Pdt David F Sibuea MTh D Min-Ir Bernhard Panjaitan MM.
Trio Altova dan Ir Bernhard Panjaitan MM saat melantunkang lagu “Holong” diapit Pdt David F Sibuea dan Inang Praeses.
 Koor Ama Lansia HKBP Jambi
 VG Serapim PGI Wilayah Riau
 Koor Ina Jubiate HKBP Jambi
 Paduan Suara Fulltimer HKBP Resort Kotabaru Jambi
 VG Wanita HKBP Jambi
 Bunga Papan Ucapan Selamat dari Kepala Cabang BRI Jambi (J Siagian/br Simatupang)

Undangan Jemaat HKBP Jambi
 Undangan Jemaat HKBP Jambi. (Foto-foto Rosenman Manihuruk)

Tidak ada komentar: